1st PolaLalaPo

Seperti yang saya tulis tadi siang, hari ini saya akan menampilkan pola pola yang diperlukan untuk membuat long-dress:

1. Bagian badan depan dan badan belakang

Robekan di sisi dan bawah disebut kupnat.

2. Lengan

Paling gampang sih caranya begini: sisa guntingan koran dari gambar di atas dipakai sebagai ceplakan lengan (yang bagian lengkungnya). Setelah disalin, barulah diukur panjang yang kita inginkan. Gambar sebelah kiri di bawah ini adalah lengan dan sebelah kanan adalah badan atas dan badan bawah. Fyi, potongan dress ini adalah tepat di atas perut.

3. Barulah dibuat roknya. Jangan lupa bahwa ukuran pinggang rok disamakan dengan ukuran lingkar bawah badan atas + badan bawah. Panjang diukur lagi sesuai keinginan. Yang saya buat di bawah ini adalah model rok setengah lingkaran:

4. Nah, selesai deh. Akhirnya didapatkan 4 pola berikut: (semua pola dibuat bolak balik ya, maksudnya ketika dibuat pola, kertas korannya dilipat dua di sisi kanan atau kiri)

Keterangan:

  • paling kiri dan paling kanan: lengan (pola sama, ini dobelannya udah digunting)
  • tengah atas: badan belakang
  • tengah: badan depan
  • tengah bawah: rok

Sudah deh. Nanti semuanya tinggal dijahit jadi satu. Ga perlu ritsleting dan ga perlu kancing (karena kerah lehernya cukup lebar). Paling nanti akan ditambah pita di garis potong.

Sugesti——-> Gampang kan ?

Minggu Siang yang Terik

Jika minggu pagi dihabiskan bersama, siangnya kami akan melakukan kegiatan masing-masing, sesuai kesenangan masing-masing, yaitu:

  • Ayah : Nukang

Ini adalah salah satu hal yang sering dipertanyakan tetangga-tetangga saya. Pertanyaan seperti: “ga capek, pak?”, “itu ga jadi jadi rumahnya”, “ayo istirahat istirahat”, sudah tidak asing di telinga. Ayah, yang memang sepertinya salah jurusan (mestinya: teknik sipil), paham benar cara membuat berbagai macam eksterior rumah, seperti air terjun dan kolam (seperti yang sedang dibuatnya SAAT SAYA MENULIS ini).

Mengapa mereka berkata rumah saya tidak jadi jadi? Hal ini karena adaaaaaaaa aja yang dikerjain sama ayah, sehingga pembangunan rumah saya seperti tidak kunjung berakhir. Tapi, namanya juga hobi, biar sajalah.

  • Mama: Belanja

Nah, ini lain lagi. Beliau mengakui sendiri kalau ayah boleh punya hobi nukang, mama juga boleh belanja dong. Oke ma. Asal dapat dipertanggungjawabkan saja ya. haha.

  • Saya: Bikin Pola

Berhubung uang belum mencukupi untuk membeli bahan, hari ini saya membuat pola di kertas koran. Pola yang saya buat, nantinya akan diceplak ke kain betulan. Hobi ini sungguh asyik, karena bermanfaat langsung (bisa dipakai).

  • Umam: Main game komputer

Hal ini dianggap ‘masih mending’ dibandingkan jika ia harus keluar rumah, ke warnet, atau entah kenapa. Alhasil, dibiarkanlah ia dengan pekerjaannya itu.

  • Himma: Tidur.. zzz..

Menjadi anggota keluarga yang TERLAMA tidur (bisa jam 4 pagi) dan TERLAMA bangun (bisa jam 12 siang) tidak menjadikannya patah semangat. Jika memungkinkan, hobinya ini akan dilanjutkan siangnya (terutama di hari libur). Hal ini akan semakin menggelikan jika ia terpaksa bangun pagi, seperti hari ini (ada pengambilan nilai lari di lapangan banteng), karena tak ada yang bisa menebak jam berapa ia akan bangun.

Yak! Segitu dari rumah saya. hehe. Anda?

First Maxi-Dress

Yak, kalau biasanya saya hanya membuat rok, sekarang pengen coba yang lain, yaitu maxi-dress! Maxi-dress adalah semacam gaun tapi tidak terlalu ‘gaun’, ia adalah terusan yang roknya panjang, kadang hingga menyentuh lantai.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Kain 4 meter (karena nanti mau bikin yang lebar :D)
  2. Furing 2 meter
  3. Pita 1,5 meter (bisa pakai sisa kain juga)
  4. Benang warna sama

Mudah kan mudah? hehe. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa baju wanita muslim itu ga boleh membentuk badan, jadi kita ga perlu membuat potongan-potongan rumit, seperti kupnat dimana-mana. Pola yang dibuat pun akan saya modifikasi sehingga mudah (karena saya belum terlalu ahli) dan tidak membentuk badan.

Jadi yang diperlukan adalah pola:

  1. Lengan (kanan dan kiri)
  2. Badan bagian atas depan
  3. Badan bagian atas belakang
  4. Rok

Nanti akan saya publish hasilnya. Rencananya, hari ini saya mau membuat pola. Besok paling baru bisa ke Tanah Abang, abis dapet uang jajan soalnya. hehehe 😀

Simple kan?